Rabu, 07 Juli 2010

Pelatihan Eksklusif BMT ANA Kulonprogo

[Yogyakarta] Kamis, 8 Juli 2010 ISES Consulting mengadakan pelatiahn eksklusif kepada salah satu BMT binaan. Kali ini materi yang dibahas adalah tentang mekanisme pembiayaan agar tetap sesuai dengan Syariah. Training kali ini langsung diampu oleh Bp. Edi Susilo selaku Direktur PT. ISES Consulting Indonesia.

Pelatihan ini sebagai bentuk konsistensi ISES Consulting dalam melakukan peran pendampingan terhadap Lembaga Keuangan Mikro agar peran dan fungsinya dapat berjalan dengan baik. Hadir sebagai peserta pelatihan Nurwahid dan Wahyudi selaku Pengawas Syariah serta Wadirin selaku marketing dari Baitul Mal wat Tamwil (BMT) Artha Nirmala Ahsana, Kulon Progo. Pelatihan dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 13.00 WIB.

Dijelaskan oleh Bpk. Edi Susilo ada 7 aspek yang harus dianalisa dalam pembiayaan meliputi aspek manajemen, keuangan, pasar/ penjualan nasabah, teknis produksi, aspek hukum/legalitas, agunan, dan aspek sosial, ekonomi lingkungan. Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut, pembiayaan dapat dilakukan dengan maksimal dan sesuai sasaran .

Selain itu, ada hal-hal yang perlu dihindari dalam pembiayaan. Pembiayaan yang tidak sesuai dengan prinsip syar’i (mengandung unsur judi, gharar, dan riba) adalah hal pertama yang harus dihindari oleh pelaku kauangan mikro. Selain itu, pembiayaan kepada para debitur yang bermasalah dan pembiayaan yang lebih banyak mendatangkan mudharat juga perlu dihindari. [u]

Tidak ada komentar: